Minggu, 05 September 2010

STUNED Scholarships untuk kandidat di luar pulau jawa

Pendaftaran program pra-registrasi StuNed kembali dibuka khusus bagi masyarakat Indonesia yang bekerja di salah satu institusi yang menjadi partner Kedutaan Besar Belanda (daftar dapat dilihat di website Nuffic Neso Indonesia) yang menetap dan bekerja di luar pulau Jawa.

Untuk mendaftar program pra-registrasi StuNed, peminat diminta melengkapi persyaratan Institutional atau Prediction TOEFL dengan skor minimal 475 atau IELTS dengan skor minimal 5.0. Pada tahap awal ini peminat belum diharuskan untuk memiliki surat penerimaan dari salah satu universitas di Belanda.

Tahapan dan prosedur
1. Download formulir pra-registrasi di www.nesoindonesia.or.id;

2. Pilih program studi yang sesuai di salah satu perguruan tinggi di Belanda, daftar pilihan bisa dilihat di www.studyinholland.nl;

3. Melampirkan persyaratan lengkap sebagai berikut:

a. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP);

b. Fotokopi Ijasah dan transkrip nilai yang dilegalisir oleh universitas;

c. Fotokopi hasil tes Institutional atau Prediction TOEFL atau IELTS. Diizinkan untuk menyertakan hasil tes dari lembaga bahasa setempat;

d. Riwayat Hidup (Curriculum Vitae/CV), formulir bisa diambil dari website;

e. Surat referensi dari tempat kerja atau universitas. Surat dibuat di atas kop surat lembaga pemberi referensi;

f. Fotokopi Surat Keputusan/Pengangkatan (SK) bagi pegawai pemerintah atau Kontrak Kerja bagi yang lain;

g. 2 lembar pasfoto berwarna ukuran 3 X 4.

4. Kirimkan formulir dengan persyaratan lengkap ke kantor Neso (rangkap 2). Hanya formulir yang lengkap yang akan diproses.

Mereka yang telah mendaftar program pra-registrasi StuNed akan diseleksi dan yang lolos seleksi akan diikutkan pelatihan Bahasa Inggris intensif di Jakarta selama 4 bulan mulai dari bulan Januari hingga April 2011.

Mereka yang diikutkan pelatihan selanjutnya akan mengikuti tes IELTS. Hasil tes IELTS minimal 6.0 (atau lebih tinggi bila disyaratkan pihak universitas yang diminati di Belanda) dan surat penerimaan dari universitas harus sudah diserahkan ke Neso paling lambat akhir Mei 2011.

Batas akhir pendaftaran program pra-registrasi StuNed tahun akademik 2010 adalah: 15 Oktober 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FeedBurner FeedCount