Minggu, 03 Agustus 2014

Beasiswa Kemenristek 2014

Pedoman Tugas Belajar Kementerian Riset dan Teknologi

Program Tugas Belajar Pascasarjana Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) ini dilakukan untuk mendukung pencapaian salah satu prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2010 - 2014 yang selaras juga dengan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), yaitu Peningkatan Kapasitas dan Kapabilitas Sumber Daya Manusia Ilmu Pengetahuan danTeknologi (SDM-Iptek) dalam rangka penguatan Sistem Inovasi Nasional (SINas).Peningkatan kapasitas SDM Iptek ini diharapkan akan mendukung pengembangan produk Iptek berbasis konsorsium riset, model SINas berbasis revitalisasi Puspiptek, pusat unggulan, dan intensifikasi Sistem Inovasi Daerah (SIDa) di 6 koridor ekonomi.
Adapun dalam hal ini, Program Beasiswa melingkupi: program gelar S2 dan S3 di dalam negeri yang meliputi perguruan tinggi negeri di selururuh Indonesia, dimana Kementerian Riset dan Teknologi saat ini telah menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi negeri Antara lain Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), dan Universitas Sriwijaya (Unsri).
Upaya menyukseskan program ini membutuhkan partisipasi dan dukungan dari berbagai pihak. Kemenristek mengundang SDM yang berada di lingkungan Kemenristek, LPNK Ristek dan institusi riset agar memanfaatkan Program Tugas Belajar Pascasarjana Kemenristek dengan sebaik-baiknya.
Buku pedoman ini diharapkan dapat menjadi panduan dan bahan informasi yang lengkap bagi pengelola program, karyasiswa Program Beasiswa Pascasarjana Kemenristek dalam rangka kelancaran pelaksanaan studi yang diselenggarakan oleh seluruh perguruan tinggi yang bekerjasama dengan Kemenristek dan semua institusi yang terkait dengan program ini. Selain itu diharapkan juga buku ini menjadi dokumen tertulis yang dijadikan acuan atau pedoman untuk prosedur pelaksanaan Program Tugas Belajar Pascasarjana Kemenristek.

Jakarta, 14 Februari 2014
Deputi Bidang Sumber Daya Iptek,
Kementerian Riset dan Teknologi
Prof.H.Freddy Permana Zen, M.SC., D.Sc.

Attachment :
  1. Buku Pedoman Beasiswa
  2. Lampiran Buku Pedoman

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

FeedBurner FeedCount